10 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Menawan, Nomor 4 Banyak Sejarahnya (2)


10 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Menawan, Nomor 4 Banyak Sejarahnya (2)
3. Masjid Agung, Jawa Tengah

Arsitektur masjid ini bergaya campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, namun bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar. Tambahan empat menara yang tinggi di tiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam. Terdapat pula satu menara terpisah dari bangunan masjid dengan tinggi 99 meter.

4. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Masjid yang juga sarat akan sejarah ini sudah direnovasi dari bentuk awalnya. Sempat dibakar pada era Cut Nyak Dien, masjid ini kini kembali berdiri. Dibangun sejak masa Kesultanan Aceh tahun 1612, masjid Raya Baiturrahman ini terlihat seperti Taj Mahal di India. Begitu kokohnya masjid ini hingga bisa bertahan saat terjadi tsunami di Aceh pada 2004 silam.

5. Masjid Agung, Kudus

Masjid yang lebih dikenal dengan Masjid Menara Kudus atau Masjid Al Aqsa ini memiiki konsep arsitektur yang memadukan budaya Islam dengan Hindu dan Buddha. Terlihat dari menara yang serupa seperti bangunan candi. Perpaduan dari arsitektur tersebut menunjukkan terjadinya proses akulturasi dalam pengislaman di Jawa

Selanjutnya

0 Komentar 10 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Menawan, Nomor 4 Banyak Sejarahnya (2)

Posting Komentar

Back To Top
close