10 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Menawan, Nomor 4 Banyak Sejarahnya (3)


6. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid ini bernuansa Tionghoa seperti namanya, Masjid Cheng Ho. Nama masjid ini merupakan bentuk penghormatan pada Laksamana Cheng Ho asal China yang memeluk Islam. Terletak di Surabaya, bangunan masjid ini menyerupai kelenteng dengan dominasi warna merah, hijau dan kuning. Dalam kepercayaan Tionghoa, empat warna ini mewakili kebahagiaan, kemasyhuran, harapan dan kemakmuran.

7. Masjid Tiban, Malang

Masjid dengan bangunan megah ini berada di kompleks Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Masjid sekaligus pondok pesantren ini memiliki 10 tingkat dengan tema dan fungsinya masing-masing. Bangunan ini didominasi dengan warna biru dan putih dengan gaya arsitektur perpaduan antara timur tengah, China dan modern.

8. Masjid Akbar Surabaya

Salah satu ciri masjid terbesar di Indonesia ini adalah kubahnya yang besar dengan empat kubah kecil lainnya berwarna biru serta satu menara setinggi 99 meter. Keunikan dari masjid ini terletak pada kubahnya yang menyerupai bentuk setengah telur. Pintu masjid ini terdapat 45 pintu dari kayu.

9. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman adalah masjid raya Kesultanan Yogyakarta atau masjid besar Yogyakarta. Masjid ini terletak di sebelah barat kompleks Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta. Arsitektur bangunan utama berbentuk tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga. Di dalam masjid terdapat serambi berbentuk limas persegi panjang. Masjid yang sarat akan simbol dan filosofi Jawa ini memiliki atap bersusun tiga.

10. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang dikenal juga dengan sebutan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I, masjid terbesar di Palembang dengan pengaruh tiga arsitektur yaitu China, Eropa dan Indonesia. Gaya Eropa terlihat dari pintu masuk di gedung baru masjid yang tinggi dan besar. Arsitektur China dari masjid ini dapat dilihat dari atap masjid utama berbentuk seperti kelenteng. Sedangkan pada ujung menara masjid berbentuk kerucut seperti tumpeng yang merupakan makanan khas kebudayaan nusantara.

0 Komentar 10 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Menawan, Nomor 4 Banyak Sejarahnya (3)

Posting Komentar

Back To Top
close